Latihan Soal Pengetahuan Kuantitatif SNBT

Latihan Soal Pengetahuan Kuantitatif SNBT Beserta Pembahasannya | Tes Potensi Skolastik

Sejak tahun 2023, sistem penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi negeri melalui jalur tes, atau yang dikenal dengan SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes), telah mengalami perubahan signifikan. Dalam SNBT, terdapat 7 subtest, dan salah satu subtest yang perlu diperhatikan adalah Pengetahuan Kuantitatif, yang masuk dalam sub Tes Potensi Skolastik. Perlu dicatat bahwa Pengetahuan Kuantitatif berbeda dengan penalaran kuantitatif. Jika penalaran kuantitatif lebih menitikberatkan pada kemampuan menalar secara induktif dan deduktif dalam memecahkan masalah berupa angka, Pengetahuan Kuantitatif menguji pemahaman terkait konsep matematika, logika, statistik, dan pemecahan masalah yang melibatkan angka dan data.

Mata Uji dan Durasi SNBT 2024

Tes Literasi

  1. Literasi Bahasa Indonesia
    • 30 soal, 45 menit
  2. Literasi Bahasa Inggris
    • 20 soal, 30 menit
  3. Penalaran Matematika
    • 20 soal, 30 menit

Kamu bisa klik pada setiap mata uji untuk melihat materi, contoh soal dan tips menjawab soal yang telah kami sediakan

Baca Juga

Jenis Soal Pengetahuan Kuantitatif

Soal-soal dalam sub test Pengetahuan Kuantitatif melibatkan berbagai jenis konsep yang mencakup:

  1. Operasi Bilangan:
    Menitikberatkan pada kemampuan peserta dalam melakukan operasi matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Soal operasi bilangan memerlukan pemahaman yang kuat terhadap konsep-konsep dasar aritmetika.

  2. Persamaan:
    Merupakan jenis soal yang menguji kemampuan peserta dalam menyelesaikan persamaan matematika. Peserta diharapkan dapat menerapkan berbagai metode untuk mencari nilai variabel yang memenuhi persamaan tersebut.

  3. Geometri:
    Melibatkan konsep-konsep dalam ruang dan bidang, seperti perhitungan luas, keliling, dan volume. Peserta diuji kemampuannya dalam memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip geometri.

  4. Trigonometri:
    Menguji pemahaman peserta terhadap fungsi trigonometri, seperti sinus, kosinus, dan tangen. Soal ini biasanya memerlukan penerapan konsep trigonometri dalam situasi kontekstual.

  5. Probabilitas:
    Menantang peserta untuk menghitung dan memahami konsep probabilitas dalam suatu kejadian. Soal ini mencakup kemampuan analisis terhadap data dan informasi yang diberikan.

Dengan mencakup berbagai jenis konsep ini, soal Pengetahuan Kuantitatif tidak hanya menguji kefasihan peserta dalam aspek tertentu, tetapi juga kemampuan mereka dalam menerapkan pemahaman matematika dan logika dalam situasi yang beragam.

Latihan Soal dan Pembahasan Pengetahuan Kuantitatif

Soal No 1 Pengetahuan Kuantitatif

Diketahui suatu fungsi matematika f(x) = 3x^2 + 5x – 2.
Tentukan nilai minimum fungsi tersebut.
A. -4
B. -3
C. -2
D. -1
E. 0

Fungsi matematika diberikan oleh f(x) = 3x^2 + 5x – 2. Untuk menemukan nilai minimum fungsi tersebut, kita menggunakan rumus x = -b/(2a) pada fungsi kuadrat. Dalam rumus tersebut, a, b, dan c adalah koefisien fungsi kuadrat. Dalam kasus ini, a = 3, b = 5, dan c = -2. Substitusi nilai-nilai tersebut ke dalam rumus memberikan x = -5/(2 * 3) = -5/6. Kemudian, kita substitusi nilai x tersebut ke dalam fungsi f(x) untuk mendapatkan nilai minimum f(x). Oleh karena itu, nilai minimum f(x) = f(-5/6) = -49/12. Sehingga, jawaban yang benar adalah C

Soal No 2 Pengetahuan Kuantitatif

Jumlah umur tiga orang bersama-sama adalah 60 tahun. Jika umur orang pertama 5 tahun lebih tua dari orang kedua dan umur orang ketiga 10 tahun lebih tua dari orang pertama, berapakah umur masing-masing orang?
A. 15, 20, 25
B. 12, 24, 24
C. 18, 22, 20
D. 14, 18, 28
E. 10, 30, 20

Jumlah umur tiga orang adalah 60 tahun. Jika umur orang kedua adalah x, maka umur orang pertama adalah x + 5 dan umur orang ketiga adalah x + 15. Menggunakan persamaan x + (x + 5) + (x + 15) = 60, kita dapat menyusun persamaan. Kemudian, kita selesaikan persamaan tersebut untuk mencari nilai x. Setelah mendapatkan nilai x, kita substitusi ke dalam umur masing-masing orang. Oleh karena itu, umur masing-masing orang adalah 18, 22, dan 20 tahun. Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Soal No 3 Pengetahuan Kuantitatif

Sebuah mobil bergerak pada kecepatan 80 km/jam. Setelah 2 jam perjalanan, kecepatan mobil dinaikkan menjadi 100 km/jam. Jika total jarak perjalanan adalah 300 km, berapa lama mobil tersebut bergerak dengan kecepatan 100 km/jam?

A. 1 jam
B. 1,5 jam
C. 2 jam
D. 2,5 jam
E. 3 jam

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:
Jarak yang ditempuh pada kecepatan 80 km/jam = 80 km/jam * 2 jam = 160 km
Jarak yang tersisa = 300 km – 160 km = 140 km
Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh sisa jarak dengan kecepatan 100 km/jam = 140 km / 100 km/jam = 1,4 jam = 1,5 jam (pembulatan).

Soal No 4 Pengetahuan Kuantitatif

Diketahui dua bilangan ganjil positif p dan q, dengan p > q. Jika diketahui bahwa p – q = 6, maka nilai dari p + q adalah …
A. 12
B. 15
C. 18
D. 21
E. 24

Diketahui dua bilangan ganjil positif p dan q, dengan p > q. Jika p – q = 6, maka p = q + 6. Substitusi ke dalam p + q memberikan nilai p + q = (q + 6) + q = 2q + 6. Karena q adalah bilangan ganjil, maka 2q adalah bilangan genap. Jadi, hasil penambahan dengan bilangan genap akan menghasilkan bilangan genap juga. Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.

Soal No 5 Pengetahuan Kuantitatif

Sebuah perusahaan IT memiliki dua tim pengembang perangkat lunak. Tim A dapat menyelesaikan proyek dalam 12 hari, sedangkan Tim B dapat menyelesaikannya dalam 18 hari. Jika kedua tim bekerja bersama-sama, berapa hari proyek tersebut akan selesai?

A. 4
B. 6
C. 8
D. 9
E. 10

Kunci Jawaban: D

Pembahasan: Tim A dapat menyelesaikan 1/12 dari proyek per hari, dan Tim B dapat menyelesaikan 1/18 dari proyek per hari. Jika bekerja bersama-sama, keduanya dapat menyelesaikan (1/12 + 1/18) dari proyek per hari.

Maka, waktu yang dibutuhkan adalah 1 / (1/12 + 1/18) = 9 hari.

Soal No 6 Pengetahuan Kuantitatif

Sebuah perusahaan mengalami pertumbuhan laba bersih sebesar 15% setiap tahunnya. Jika laba bersih pada tahun 2020 adalah 500 juta, berapakah perkiraan laba bersih pada tahun 2025?

A. 781,250,000
B. 847,500,000
C. 925,000,000
D. 1,065,000,000
E. 1,218,750,000

Kunci Jawaban: C. 925,000,000

Pembahasan: Laba bersih pada tahun 2025 dapat dihitung dengan menggunakan rumus:

Laba2025​=Laba2020​×(1+pertumbuhan)n

Laba2025​=500,000,000×(1+0.15)5

Laba2025​≈925,000,000

Soal No 7 Pengetahuan Kuantitatif

Seorang pedagang membeli 120 kg beras dengan harga Rp 15.000 per kg. Setelah itu, dia menjualnya dengan keuntungan 25%. Berapakah harga jual totalnya?

A. Rp 2.000.000
B. Rp 2.250.000
C. Rp 2.500.000
D. Rp 2.750.000
E. Rp 3.000.000

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:
Harga beli total = 120 kg * Rp 15.000/kg = Rp 1.800.000
Keuntungan = 25% dari Rp 1.800.000 = Rp 450.000
Harga jual total = Rp 1.800.000 + Rp 450.000 = Rp 2.250.000

Soal No 8 Pengetahuan Kuantitatif

Jumlah tiga bilangan bulat genap berturut-turut adalah 150. Bilangan terbesar adalah:

A. 48
B. 50
C. 52
D. 54
E. 56

Kunci Jawaban: C

Pembahasan: Misalkan bilangan terkecil adalah x, maka x + (x + 2) + (x + 4) = 150. Simplifikasi persamaan tersebut akan memberikan x = 48. Bilangan terbesar adalah x + 4 = 52.

Soal No 9 Pengetahuan Kuantitatif

Suatu segitiga memiliki panjang sisi-sisi yang membentuk barisan aritmatika. Sisi pertama memiliki panjang 5 cm, dan setiap sisi berturut-turut menambah 3 cm. Jika panjang sisi terakhir adalah 20 cm, berapa jumlah panjang semua sisi segitiga tersebut?

A. 135 cm
B. 150 cm
C. 165 cm
D. 180 cm
E. 195 cm

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:
Panjang sisi terakhir = 5 + (n-1) * 3, di mana n adalah jumlah sisi.
20 = 5 + (n-1) * 3
15 = (n-1) * 3
n-1 = 5
n = 6 (jumlah sisi)
Jumlah panjang sisi = 6/2 * (5 + 20) = 180 cm

Soal No 10 Pengetahuan Kuantitatif

Seorang pebisnis menginvestasikan uangnya pada suatu rekening dengan tingkat bunga 8% per tahun. Jika dia mendapatkan bunga sebesar Rp 4.800 setelah beberapa tahun, berapa jumlah uang yang diinvestasikan?

A. Rp 40.000
B. Rp 48.000
C. Rp 60.000
D. Rp 80.000
E. Rp 100.000

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:
Bunga = Prinsipal * Tingkat Bunga * Waktu
4.800 = P * 0,08 * Waktu
Jumlah uang yang diinvestasikan (Prinsipal) = 4.800 / (0,08 * Waktu)
Jika Waktu = 10 tahun, maka Prinsipal = 4.800 / (0,08 * 10) = Rp 60.000

Kesulitan Memahami Mata Uji SNBT?

Bentar, jujur aja ya, persiapan buat Ujian SNBT itu bener-bener bikin kepala pusing. Apalagi sekarang, materinya makin kompleks dan soalnya juga makin nyeleneh. Gak heran banyak yang ngerasa kesulitan belajar buat hadap UTBK SNBT. Lagian, kita kan semua pengen banget masuk PTN favorit, tapi gimana ya caranya kalau materinya kerasa kayak teka-teki sulit? Jadi, ini bener-bener jadi masalah buat banyak orang.

Eh, tapi tenang, buat yang lagi kesusahan belajar, ada nih solusinya. Kamu bisa coba layanan kursus privat UTBK SNBT, tapi jangan sembarangan pilih tempat les, ya. Gue tahu banyak les privat yang bikin ribet jadwalnya, nggak fleksibel, dan gak bisa pilih guru. Nah, beda sama yang ada di NgajarPrivat nih. Disana kamu bisa santai, bebas atur jadwal, bebas pilih guru, dan bisa lesnya offline atau online. Jadi, buat yang lagi cari tempat les yang enak, mungkin NgajarPrivat bisa jadi pilihan buat kamu.

Nih, cerita dikit tentang NgajarPrivat, kami tuh punya visi yang keren banget, lo. Gue dan tim kami pengen jadi penyedia layanan les privat yang bawa dampak positif buat dunia pendidikan. Kami mau bikin lingkungan belajar yang beda dari yang lain, lebih inovatif gitu. Dan tentu aja, kami pengen bantu setiap siswa mencapai potensi akademisnya seoptimal mungkin. Makanya, kalau kamu lagi galau nyari tempat les yang oke, mungkin NgajarPrivat bisa jadi jawabannya. Udah gitu, belajarnya santai, sesuai keinginan kamu!

Masih Ragu Untuk Daftar?

Nih, buat yang masih ragu buat daftar di NgajarPrivat.com, baca dulu testimoni siswanya. Pengalaman orang lain bisa jadi pegangan buat lo. Jangan ragu, temen! Persiapan UTBK SNBT 2024 harus maksimal, dan punya guru privat bisa jadi jalan pintas lo buat sukses. Yuk, semangat!

Belajar Lebih Personal, untuk Hasil lebih Optimal

Kami memahmi bahwa buah hati Bunda memiliki minat dan kemampuan belajar yang unik, untuk itu kami siap menghadirkan pembelajaran personal yang mengedepankan kemampuan siswa

Kontak Kami

Tim dukungan pelanggan kami tersedia 24/7 untuk menjawab pertanyaan, memberikan bantuan, dan menangani masalah apa pun yang mungkin timbul. 

Kami Melayani Les Privat untuk Daerah ....

  • Les Privat Bogor
  • Les Privat Depok
  • Les Privat Tanggerang
  • Les Privat Tanggerang Selatan
  • Les Privat Bekasi
  • Les Privat Malang
  • Les Privat Blitar

FAQ Seputar Les Privat

NgajarPrivat.com menawarkan pilihan guru yang berkualitas dan fleksibilitas dalam layanan, baik tatap muka offline maupun via zoom online. Kami fokus pada pengalaman pembelajaran yang efektif dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Pendaftaran sangat mudah! Kunjungi situs web NgajarPrivat.com, pilih mata pelajaran yang diinginkan, dan tentukan apakah ingin les tatap muka atau via zoom. Setelah itu, pilih jadwal les sesuai dengan kebutuhan anak Anda.

Ya, NgajarPrivat.com menyediakan opsi les online via zoom untuk kenyamanan siswa. Ini memungkinkan pembelajaran yang fleksibel dari mana saja.

Setelah memilih program les, Anda akan diberikan informasi tentang sistem pembayaran. NgajarPrivat.com menerima berbagai metode pembayaran, termasuk transfer bank dan pembayaran online.

Ya, NgajarPrivat.com memiliki program les khusus untuk persiapan ujian masuk perguruan tinggi. Guru-guru kami terampil dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi ujian masuk universitas.

Jika Anda merasa perlu mengganti guru, Anda dapat menghubungi tim dukungan pelanggan NgajarPrivat.com. Kami akan membantu Anda menemukan guru yang lebih sesuai dengan kebutuhan pembelajaran Anda.

Ya, NgajarPrivat.com seringkali menawarkan diskon atau promo khusus untuk paket les jangka panjang. Pantau informasi terbaru di situs web kami atau hubungi tim dukungan pelanggan untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Saat ini, NgajarPrivat.com belum menyediakan uji coba. Namun, Anda dapat melihat profil guru dan testimoni siswa untuk membuat keputusan yang lebih informasional.

Tim dukungan pelanggan NgajarPrivat.com siap membantu Anda. Hubungi mereka melalui email atau fitur obrolan di situs web untuk mendapatkan bantuan.